Kamis, 12 Maret 2015

Ilmu Budaya Dasar BAB 1


Ilmu Budaya Dasar sebagai Salah Satu MKDU

Mata Kuliah Ilmu Budaya Dasar adalah salah satu mata kuliah yang membicarakan tentang nilai-nilai, konsep-konsep kebudayaan, tentang berbagai macam masalah yang dihadapi manusia dalam kehidupan sehari-harinya. Hal ini diperlukan pada sistem pendidikan di negeri ini, baik tingkat sekolah menengah  maupun tingkat perguruan tinggi. Ilmu Budaya Dasar merupakan salah satu komponen dari sejumlah kumpulan Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU). Yang mana MKDU ini merupakan mata kuliah wajib di semua perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Dengan mendapat mata kuliah Ilmu Budaya Dasar, mahasiswa diharapkan memiliki latar belakang yang luas tentang kebudayaan yang ada di Indonesia serta diharapkan mahasiswa mampu mendukung, mengembangkan, dan melestarikan budayanya sendiri dengan kreatif dan bijaksana.

A.      Pengertian Ilmu Budaya Dasar

Ilmu Budaya Dasar adalah suatu ilmu yang mengajarkan dan mempelajari tentang dasar-dasar kebudayaan. Sedangkan pengertian kebudayaan itu sendiri adalah suatu tindakan atau gagasan dimana manusia turut ikut berperan serta dalam mengolah, mengembangkan, dan melestarikannya, sehingga menjadi suatu kebiasaan dalam kehidupan sehari-harinya.

Dalam Ilmu Budaya Dasar diajarkan dan diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan konsep-konsep yang dirancang untuk mengkaji hubungan atau masalah-masalah antara manusia dan kebudayaan.

Menurut Prof. Dr. Harsya Bactiar, Ilmu Pengetahuan dikelompokkan ke dalam tiga kelompok besar, yaitu:
           a.      Ilmu-ilmu Alamiah (Natural Scince)
Keilmuan ini bertujuan untuk mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah. Caranya adalah dengan menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, kemudian dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas.
            b.      Ilmu-ilmu Sosial (Social Scince)
Keilmuan ini bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Tapi hasil penelitiannya tidak 100 5 benar, hanya mendekati kebenaran. Sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan antara manusia ini tidak dapat berubah dari saat ke saat.
            c.       Pengetahuan Budaya (The Humanities)
Keilmuan ini bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti. Pengetahuan budaya (the humanities) dibatasi sebagai pengetahuan yang mencakup keahlian (disiplin) seni dan filsafat. Keahlian inipun dapat dibagi-bagi lagi ke dalam berbagai bidang keahlian lain, seperti seni tari, seni rupa, seni musik, dan lain-lain.
      

B.      Tujuan Ilmu Budaya Dasar

Ilmu Budaya Dasar merupakan salah satu bentuk usaha untuk memberikan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang mengkaji hubungan atau masalah-masalah antara manusia dan kebudayaan. Dengan demikian kita diarahkan supaya mengenali tentang kebudayaan yang ada disekitarnya.

Karena  dengan mendapatkan pengetahuan Ilmu Budaya Dasar diharapkan  nantinya memiliki latar belakang pengetahuan yang cukup luas tentang kebudayaan yang ada Indonesia pada umumnya dan menimbulkan minat mendalami lebih lanjut, agar dengan demikian kita diharapkan turut mendukung dan mengembangkan kebudayaannya sendiri dengan kreatif.

Tujuan Ilmu Budaya Dasar lainnya yaitu untuk memberikan rasa kepekaan yang lebih serta peduli terhadap budaya yang ada dilingkungannya. Selain itu dengan adanya Ilmu Budaya Dasar, memberikan sesuatu pandangan yang lebih luas tentang hubungan manusia dengan kebudayaan, dimana kita ikut berperan serta dalam memecahkan masalah-masalah kebudayaan. Mendidik agar manusia mengenali lingkungan dengan kebudayaan yang baru, terbiasa dengan kebudayaan yang berbeda dari sebelumnya.


C.      Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar

Ruang lingkup Ilmu Budaya Dasar adalah suatu cakupan dimana manusia ikut berada disuatu cakupan tersebut yaitu dengan tujuan supaya manusia turut ikut berperan serta dalam mengembangkan pengetahuan-pengetahuan dasar dan konsep-konsep tentang kebudayaan.

Hakikat manusia yang saling membutuhkan satu sama lainnya dalam berbagai aspek kehidupan masalah kemanusiaan dan kebudayaan dengan beranekan ragam perwujudan dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat ,dapat dipahami dan diselesaikan dengan suatu pengetahuan budaya yaitu dengan mempelajari Ilmu Budaya Dasar.

Memacu dari beberapa hal tujuan yang telah ditetapkan, dua masalah pokok bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian Ilmu Budaya Dasar. Kedua masalah pokok tersebut diantaranya adalah :
         1. Berbagai aspek kehidupan manusia yang di dalamnya adalah persoalan dalam menjalankan hidup          dan fenomena budaya yang berkembang, dalam hal ini bisa dikaji dengan melakukan pendekatan            budaya.
         2. Hakekat manusia baik secara individu maupun kelompok, memiliki keanekaragaman kebudayaan          pada zamannya serta ragam budaya di masing-masing daerah yang ditempatinya.
Dari dua pokok permasalahan ini, maka secara tidak langsung telah menempatkan manusia merupakan aspek penting dalam Ilmu Budaya Dasar. Manusia sebagai individu yang kreatif dalam hal ini dijadikan obyek dalam menganalisis setiap fenomena budaya. Dalam perkembangannya kajian ini melihat berbagai sudut atau pandangan yang dilakukan manusia, seperti, hubungan manusia dengan alam, dengan sesama manusia, nilai-nilai yang terkandung dalam kehidupan manusia serta hubungan manusia dengan penciptanya.

Soal-soal.
      1.      Tujuan Ilmu Budaya Dasar adalah :
       A.   Memperlancar mahasiswa dalam menyelesaikan program studinya.
       B.   Mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan 
              pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap masalah-masalah budaya.*
       C.   Memperhalus penghayatan manusia dalam menangkap fenomena alam  
              sekitarnya.
       D.   Mempermudah manusia dalam mencerna berbagai kejadian alam.

       2.      Istilah Ilmu Budaya Dasar dikembangkan pertama kali di Indonesia sebagai pengganti istilah           Basic Humanities yang berasal dari istilah bahasa Inggris The Humanities. Dengan demikian            bisa dikatakan bahwa :
       A.   the humanities bertujuan untuk memahami dan mencari masalah-masalah dari
              kenyataan yang bersifat manusiawi.
       B.   the humanities berkaitan dengan nilai-nilai, yaitu nilai-nilai manusia sebagai homo
              humanus atau manusia budaya.*
       C.   the humanities berkaitan dengan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang
              konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan   
              kebudayaan.
       D.   the humanities berkaitan dengan nilai-nilai kemanusiaan dan kebudayaan.

       3.      Ilmu Budaya Dasar digolongkan ke dalam Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) yang pada                 dasarnya merupakan mata kuliah … di perguruan tinggi negeri dan swasta.
       A.   Wajib*                                                C.   Tidak Wajib
       B.   Tambahan                                           D.   Salah semua

        4.      Ilmu Budaya Dasar dapat digolongkan atau merupakan bagian dari ilmu pengetahuan :
        A.   Sosial (social science)                        C.   Alamiah (natural science)
        B.   Budaya (the humanities)*                   D.   Semua benar

        5.      Komponen binaan yang telah dikembangkan dengan sedemikian rupa dalam kehidupan                      masyarakat adalah :
        A.   Lingkungan                                         C.   Sosial budaya
        B.   Interaksi sosial                                     D.   Unsur budaya*



Daftar Pustaka :

Buku Seri Diktat Kuliah, MKDU : Ilmu Budaya Dasar 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar