Kamis, 14 Mei 2015

Ilmu Budaya Dasar BAB 9

Manusia dan Tanggung Jawab

A.    Pengertian Tanggung Jawab
Tanggung jawab adalah suatu kesadaran akan menanggung perbuatan dan tingkah laku yang disengaja ataupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga merupakan suatu perwujudan dalam memenuhi kewajibannya. Manusia yang bertanggung jawab adalah ciri manusia yang beradab dan bermoral.
Setiap manusia pasti memiliki tanggung jawabnya masing-masing. Tanggung jawab merupakan sikap terpuji yang dimiliki oleh setiap manusia, karena itu adalah sebuah kesadaran. Sikap kesadaran ini merupakan pencerminan bahwa manusia adalah makhluk yang mempunyai akal pikiran. Sehingga manusia dapat memilah dan memilih untuk setiap tanggung jawab yang akan dilakukannya.

B.     Macam-Macam Tanggung Jawab
Ada beberapa jenis tanggung jawab, diantaranya :
a.   Tanggung jawab terhadap diri sendiri
Tanggung jawab terhadap diri sendiri, menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia yang memiliki akal pikiran. Dengan demikian bisa memecahkan masalah-masalah mengenai dirinya sendiri. Menurut sifat dasarnya, manusia adalah makhluk bermoral, tetapi manusia juga seorang pribadi, karena itu manusia mempunyai pendapat sendiri, perasaan sendiri, dan angan-angan sendiri.
b.   Tanggung jawab terhadap keluarga
Tiap anggota keluarga wajib bertanggungjawab pada keluarganya. Tanggung jawab ini tidak hanya menyangkut nama baik keluarga, tetapi tanggung jawab juga merupakan kesejahteraan, keselamatan, pendidikan, dan kehidupan. Misalnya, seorang ayah sebagai kepala keluarga ia berjanggung jawab menafkahi istri dan anak-anaknya. Hal tersebut dilakukannya demi kehidupan dan kesejahteraan keluarganya. 
c.   Tanggung jawab terhadap masyarakat
      Manusia adalah makhluk sosial. Karena itu manusia harus berkomunikasi dengan manusia yang lainnya. Sehingga dengan demikian, manusia disini merupakan bagian dari masyarakat yang tentunya mempunyai tanggung jawab, agar dapat melangsungkan hidupnya di dalam masyarakat tersebut.
d.   Tanggung jawab terhadap bangsa dan Negara
      Setiap manusia atau individu adalah warga negara dari suatu negara. Manusia tidak adapt berbuat semaunya sendiri. Dalam berpikir dan bertindak, manusia terikat oleh norma-norma dan aturan yang dibuat oleh negara. Jika perbuatannya salah, dan melanggar aturan, maka manusia itu harus bertanggung jawab kepada negara.
e.   Tanggung jawab terhadap Tuhan
      Ini merupakan tanggung jawab manusia yang paling utama. Sebagai makhluk ciptaan Tuhan, manusia harus mentaati segala ketentuan-ketentuan dan aturan-aturan-Nya. Contohnya, setiap muslim diwajibkan sholat lima waktu dalam sehari, maka kita sebagai muslim wajib mempertanggung jawabkan sholat lima waktu tersebut.

C.    Pengabdian dan Pengorbanan
Pengabdian
Pengabdian adalah suatu perwujudan dari sebuah sikap kesetiaan, cinta kasih sayang, norma, yang dilakukan dengan ikhlas. Pengabdian itu pada hakekatnya adalah rasa tanggung jawab. Misalnya seorang ayah bekerja keras sehari penuh mencari nafkah untuk mencapai kebutuhan, hal itu berarti mengabdi kepada keluarga. Selain itu, yang paling utama adalah mengabdi kepada Tuhan. Sebagai makhluk ciptaan Tuhan manusia wajib mengabdi kepada Tuhan. Pengabdian kepada Tuhan berarti sebuah perwujudan cinta dan sikap ikhlas beribadah kepada Tuhan, dan itu merupakan perwujudan tanggung jawab kepada Tuhan.

Pengorbanan
Pengorbanan adalah suatu sikap yang menyatakan kebaktian terhadap sesuatu secara ikhlas dan tanpa pamrih. Pengorbanan dapat berupa tenaga, pikiran, harta benda dan sebagainya. Pengorbanan merupakan akibat dari pengabdian. Terdapat perbedaan antara pengertian pengabdian dan pengorbanan. Pengabdian lebih menunjuk kepada perbuatan, sedangkan pengorbanan lebih menunjuk kepada pemberian sesuatu. Namun antara pengabdian dan pengorbanan juga terdapat persamaan, yaitu keduanya harus disertai rasa ikhlas dan tanpa pamrih.


Daftar Pustaka :
Buku Seri Diktat Kuliah MKDU : Ilmu Budaya Dasar. Karya Widyo Nugroho & Achmad Muchji. Penerbit Universitas Gunadarma.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar